Mengenal Data Scientist yang Bergaji Fantastis

Dalam era digital yang terus berkembang, data telah menjadi aset berharga bagi perusahaan di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Dengan ledakan data yang terjadi setiap hari, ada kebutuhan yang semakin meningkat untuk para ahli yang mampu mengurai kompleksitas data tersebut. Salah satu peran kunci dalam ranah ini adalah Data Scientist.

Data Scientist adalah profesional yang memiliki keterampilan analisis data tingkat lanjut, pemahaman mendalam tentang statistik, dan kemampuan dalam penggunaan teknologi untuk mengolah data. Mereka bertanggung jawab untuk menganalisis data dalam skala besar, mengidentifikasi tren, mengembangkan model prediktif, dan memberikan wawasan yang berharga bagi pengambilan keputusan. Di Indonesia, perannya menjadi semakin penting seiring dengan pertumbuhan industri teknologi dan digital. Mereka tidak hanya diperlukan oleh perusahaan teknologi besar, tetapi juga di berbagai bidang lainnya, seperti:

  • E-commerce dan Retail

    Data Scientist
    Source: freepik

    Perusahaan e-commerce dan retail membutuhkan perannya untuk menganalisis perilaku konsumen, personalisasi pengalaman berbelanja, dan mengoptimalkan kampanye pemasaran.
  • Fintech

    Data scientist
    Source: freepik
    Di dalam Industri Fintech yang tengah berkembang pesat dibutuhkan juga untuk menilai kelayakan kredit, mendeteksi penipuan keuangan, dan mengembangkan produk keuangan baru.
  • Media dan Hiburan

    Data Scientist
    Source: freepik

    Perusahaan media dan hiburan menggunakan untuk menganalisis tren konsumsi konten, merekomendasikan konten yang relevan kepada pengguna, dan meningkatkan engagement.
  • Kesehatan

    medical
    Source: canva

    Di bidang kesehatan, data scientist berperan dalam menganalisis data medis, mengembangkan model diagnosa penyakit, dan personalisasi perawatan kesehatan.
  • Manufaktur

    manufaktur
    Source: canva

    Industri manufaktur memanfaatkan untuk mengoptimalkan proses produksi, memprediksi perawatan mesin, dan meningkatkan efisiensi operasional.

Selain bekerja di perusahaan, data scientist juga memiliki peluang untuk bekerja sebagai freelancer atau bahkan membangun startup sendiri. Dengan keahlian yang dimiliki, mereka dapat menawarkan jasa analisis data kepada berbagai klien atau mengembangkan produk berbasis data yang inovatif.

Data Scientist bertanggung jawab untuk melakukan analisis yang mendalam untuk mengidentifikasi pola, tren, dan wawasan yang dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja bisnis. Membangun dan menguji model prediktif menggunakan teknik machine learning untuk memprediksi perilaku pelanggan, tren pasar, atau hasil bisnis lainnya. Membuat visualisasi data yang menarik dan mudah dimengerti untuk membantu pemangku kepentingan memahami informasi yang kompleks. Dan menyelesaikan berbagai masalah bisnis, seperti meningkatkan efisiensi operasi, optimasi pemasaran, dan deteksi penipuan.

Secara umum seorang data scientist harus memiliki kemampuan bahasa pemrograman seperti Python, R, atau Scala, pemahaman mendalam tentang statistik dan matematika terapan, pengalaman dalam menggunakan alat dan teknik analisis, seperti TensorFlow, Pandas, dan Scikit-learn serta kemampuan komunikasi yang baik untuk menjelaskan temuan dan rekomendasi kepada pemangku kepentingan non-teknis. 

Karena perannya yang sangat penting, beriringan pula dengan pendapatannya yang sangat menjanjikan. Menurut data dari Glassdoor, gaji rata-rata data scientist di Indonesia berkisar antara Rp8.000.000 hingga Rp20.000.000 per bulan. Permintaan akan profesi tersebut di Indonesia diprediksi akan terus meningkat dalam beberapa tahun ke depan. Hal ini sejalan dengan pertumbuhan pesat industri digital dan kebutuhan akan pengambilan keputusan berbasis data. Bagi mereka yang memiliki passion di bidang data dan analitik, karir sebagai data scientist menawarkan peluang yang menarik dan menjanjikan.

Sertifikasi Data Scientist

Setelah mengetahui lebih dalam, kamu ingin bekerja sebagai seorang data scientist? Nggak usah khawatir! Kamu bisa mengikuti program pelatihan dan sertifikasi data scientist dari Indonesian Certification Center (ICC), lho! ICC menawarkan banyak skema pelatihan dan sertifikasi berbasis BNSP, salah satunya skema associate data scientist. Lewat sertifikasi di ICC, kamu atau perusahaanmu bisa menyusun pelatihan dan pengembangan karyawan yang menjadi kunci kesuksesan organisasi. Yuk, cari tau lebih di indonesiancertification.com, atau hubungi kami di 085225899555

Leave a Comment